PEMBAGIAN THOLIBUL ILMI MENURUT IMAM GHOZALI

PEMBAGIAN THOLIBUL ILMI MENURUT IMAM GHOZALI

Share This

 



          Al-imam Muhammad bin Muhammad Al-Ghozali, beliau membagi Tholibul ilmi menjadi 3 kelompok:

     1. Al-Faiz: Orang-orang yang membebaskan ilmunya dengan tidak ada tujuan lain hanya karena Allah SWT, dan mendapatkan ridho Allah SWT. Jadi dia ridho dan ikhlas untuk mengajar tanpa mengharap apa-apa, hanya untuk bagaimana caranya agar semua muridnya bisa paham ilmu agama dan mencari ridho Allah SWT.

     2. Al-Mukhothir: Orang-orang yang keadaannya dalam bahaya. Mereka adalah seorang tholibul ilmi yang menggunakan ilmunya untuk kekayaan dunia, seperti dia mengajarnya itu dengan berharap gaji atau imbalan. Dan seandainya dia sampai akhir hidupnya nggak bertaubat, maka dia mati dalam keadaan su`ul khotimah. Akan tetapi kalo seandainya dia diberi taufik oleh Allah SWT dan sempat untuk bertaubat dan dia memperbaiki semua kesalahannya, maka dia dimasukkan ke kelompok yang pertama (Al-Faiz).

     3. Al-Halik: Orang-orang yang binasa. Mereka adalah orang-orang yang menggunakan ilmunya untuk menumpuk kekayaan dunia, sehingga dia mengubah kebenaran menjadi kesalahan hanya untuk mendapatkan kekayaan dunia dan agar disukai oleh orang, seperti yang halal menjadi haram atau yang haram menjadi halal, dan hal yang sesat lainnya. Dan dihatinya dia merasa mulia disisi oleh Allah SWT, karena dia merasa selalu baca kitab, hadist, dan pakaiannya bagus. Sehingga mereka merasa sudah benar, dan merasa lebih bagus daripada orang lain juga merasa sudah menjadi wali Allah. Mereka disebut orang-orang yang binasa, karena sulit untuk taubat, bahkan kata Imam Ghozali bahwa kelompok ini tidak bisa diharapkan lagi taubatnya.

          Maka hendaknya kita berhati-hati dalam mecari juga dalam mengajar ilmu, kita harus menjaga niat kita dalam belajar dan mengajar ilmu. Jangan sampai kita termasuk kelompok orang-orang yang binasa.(A.HDD)

Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                          https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages