TAQWA SEBAIK BAIK BEKAL HIDUP DUNIA AKHIRAT

TAQWA SEBAIK BAIK BEKAL HIDUP DUNIA AKHIRAT

Share This

          Kita telah sama-sama tahu, bahwa kita hidup di dunia ini untuk melakukan ketaatan terhadap perintah-perintah Allah dan Rasul-Nya, dan menjauhi segala bentuk larangan-larangan-Nya agar kita selamat di dunia dan di akhirat.
          Sudah berapa banyak kejelekan dan kemaksiatan yang kita lakukan? Dan sudah berapa banyak dosa yang kita tanggung? Semantara kita tidak menyadari dan tidak mau memohon ampun kepada Allah, sehingga kita menjadi orang yang rugi dan celaka. Oleh karena itu, kita harus bertobat dengan sungguh-sungguh, agar kita selamat dari siksa Allah yang sangat pedih, sehingga kita menjadi orang yang beruntung didalam hidup kita, baik hidup di dunia maupun di akhirat.
          Inilah tujuan yang paling fondamental dalam hidup kita yang setiap saat dan setiap waktu kita minta kepada Allah SWT. Allah tidak menciptakan manusia di dunia ini kecuali diperintah untuk mengabdikan diri kepada-Nya. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam kitab suci Al-Qur'an;
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ 
Artinya :"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku". (QS. Adz-Dzariyat: 56).
          Maka apalah arti hidup ini, jika kita tidak mengabdikan diri kepada Allah SWT?. Tentu tidak berarti sama sekali. Oleh karena itu, dalam hidup ini hendaklah kita mencari bekal untuk akhirat dengan iman dan taqwa, karena sebaik-baik bekal untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat adalah taqwa. Sebagaimana firman Allah: 
وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى
Artinya :"Berbekallah, sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa......" (QS. Al-Baqarah: 179).
          kenapa taqwa, menjadi bekal yang paling baik untuk akhirat? Karena orang yang taqwa selalu berperilaku baik, dan selalu mengerjakan amal shaleh yang berguna dan bermanfaat bagi dirinya sendiri, juga bagi orang lain, dan selalu menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan yang jelek yang membahayakan dirinya dan orang lain. Ini semua adalah pengaruh dari taqwa kepada Allah SWT.
          Jika salah seorang di antara manusia ditanya, pilih manakah antara bahagia dan sengsara? Pasti mereka menjawab dan memilih bahagia. Tetapi bagaimana perilaku mereka hidup di dunia ini? Mereka selalu menuruti hawa nafsunya hingga melampaui batas-batas yang telah digariskan oleh Allah. Oleh karena itu, jika kita ingin menjadi orang yang beruntung, hendaklah bertaqwa kepada Allah. Karena dengan taqwa akan menjadikan orang selalu beramal yang diridhoi Allah SWT. Hendaklah kita bertaqwa kepada Allah, semoga Allah memberikan petunjuk-Nya kepada kita semua pada jalan yang lurus, sehingga kita mendapatkan kebahagiaan dalam hidup ini, dan mendapatkan derajat  yang tinggi d sisi Allah SWT, amin.  (Mthr)

Wallahu A'lam bi As-Showab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages