PENTINGNYA MENGIKUTI PERINTAH

PENTINGNYA MENGIKUTI PERINTAH

Share This


 Oleh: M. Harits (Santri Darul Ihya')

          Di zaman ini terdapat penyakit-penyakit (hati) yang diabaikan oleh para tholabul ilmi (Pencari Ilmu). Dan yang pertama kurang kuatnya i’tiqad (kepercayaan) kepada sang guru, dan yang kedua adalah perasaan bahwa si murid lebih Alim (merasa bahwa si murid lebih tau dengan dirinya) daripada sang guru.

Sebab dari dua hal inilah sebagian murid tidak mematuhi dan mengikuti arahan dari sang guru. Sedangkan murid yang tidak mengikuti arahan dari sang guru dia akan menyesal. Terlebih lagi murid yang merasa lebih baik dari gurunya itu akan celaka.

Dikisahkan pada salah satu Pondok Pesantren terdapat seorang murid yang diminta pulang oleh keluarganya karena murid tersebut dibutuhkan di rumahnya untuk bekerja. Dan si murid pun mendatangi gurunya guna menceritakan keadaannya dan meminta izin untuk pulang. Akan tetapi sang guru tidak mengizinkannya.

Keesokan harinya si murid mendatangi gurunya untuk meminta izin pulang yang kedua kalinya dan kembali menceritakan keadaannya, akan tetapi jawaban sang guru tetap sama tidak mengizinkannya.

Sampai pada akhirnya si murid kembali mendatangi gurunya untuk meminta izin kembali, maka sang guru berkata kepada si murid “Kamu nanti akan terbalik”.

         ketika ditengah perjalanannya untuk pulang, tiba tiba mobilnya terbalik dan beruntung si murid selamat, akan tetapi dia menyadari dan tekejut melihat kepalanya berada di bawah, ia pun menangis dan menyesali perbuatannya karena dia telah melanggar perkataan gurunya.

Dari kisah diatas kita bisa mengambil pelajaran tentang betapa bahayanya  mengabaikan petunjuk dan perintah guru, maka seorang murid itu harus sadar diri betapa rendahnya dirinya dihadapan seorang guru karena seorang guru itu lebih memahami tentang keadaan muridnya itu.



Wallahu a'lam bi Asshawab.
Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages