MENCEGAH AKSI ANTI ARAB

MENCEGAH AKSI ANTI ARAB

Share This





          Akhir-akhir ini sebagian golongan (oknum) sering membuat gaduh dengan sikap rasis dan fanatismenya yang cukup mendarah daging. Dari sinilah, kebencian terhadap seluruh yang berbau Arab mulai menerobos ke seluruh lingkungan di sekitar kita.

          Wajib kita mengetahui, bahwa kebencian terhadap orang Arab merupakan salah satu ciri benci terhadap Rasulullah sholollahu alaihi wa sallam. Sebagaimana sabda Rasulullah: 

مَنْ أَحَبَّ الْعَرَبَ فَقَدْ أَحَبَّنِي، وَمَنْ أَبْغَضَ الْعَرَبَ فَقَدْ أَبْغَضَنِي

          "Siapa yang mencintai orang Arab maka dia telah mencintai-Ku, dan siapa yang membenci orang Arab maka dia telah membenci-Ku" (HR. Ath-Thabrani).

          Menurut pengertian hadits di atas, cukup menjadi pengancam dari banyaknya hadits yang membahas hal tersebut, bagi orang yang mengaku-ngaku mengikuti Rasulullah, tetapi benci terhadap seluruh yang berbau Arab.

          Syekh Muhammad Abdurrauf Al-Manawi beliau mengatakan, "Sebab, termasuk tanda kesungguhan cintanya seseorang adalah mencintai segala hal yang dinisbatkan pada orang yang ia cintai. Orang yang mencintai seseorang, justru ia akan mencintai anjing yang berasal dari kampung halaman orang yang dicintainya. Andaikan rasa cinta itu menguat, pasti ia akan meluas ke segala hal yang mengelilingi orang yang dicintai." Sebagaimana Rasulullah bersabda:

ُّأَحِبُّوا العَرَبَ لِثَلَاثٍ: لِأَنِّي عَرَبِيُّ ، وَالقُرْآنَ عَرَبِيُّ ، وَكَلاَمَ أَهْلِ الجَنَّةِ عَرَبِي

          "Cintailah orang Arab karena tiga hal: karena aku orang Arab, Al-Quran adalah bahasa Arab, dan perkataan penghuni surga adalah bahasa Arab" (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

          Dipastikan dari semua penjelasan di atas, bukan berarti bangsa arab yang lebih mulia dari pada bangsa yang lain di sisi Allah. Akan tetapi ditetapkan secara penuh bahwa yang menjadi dasar utamanya adalah ketakwaan. Seperti halnya dalam ayat yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
         
        "Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim,"

          Oleh karena itu, membenci perilaku tidak benar dari orang arab memang menjadi kewajiban, namun jangan mengarahkan semua kebencian tersebut kepada semua hal yang berbau kearab-araban. Karena Nabi kita berasal dari bangsa Arab.(Tsqf.GNM)



Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                    https://wa.me/c/6283141552774


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages