BERSEGERALAH DALAM BERTAUBAT

BERSEGERALAH DALAM BERTAUBAT

Share This

   


          Ada empat hal yang dianjurkan bagi kita untuk bersegera:

                    1. Taubat.                                   3. Menikahkan gadis (segera dinikahkan).

                    2. Hutang (segera dibayar).       4. Mayyit (segera dikuburkan).

          Maka bertaubat adalah hal yang sangat penting bagi kita untuk bersegera melaksanakannya. 

          Perlu di ketahui dosa itu ada dua: dosa kecil dan dosa besar. Dosa kecil itu bisa diampuni dengan berbagai cara, seperti beristighfar, sholawat, puasa, dan cara lainnya lagi. Tapi dosa besar seperti maksiat, zina, minum khomar, dan perbuat dosa besar lainnya. Itu hanya bisa diampuni dengan taubatan nasuhah (taubat yang sungguh).

          Oleh karena itu hendaknya bagi setiap orang terutama para pemuda itu apabila telah melakukan dosa besar, maka hendaknya langsung bertaubat dan jangan ditunda-tunda di lain waktu, karena sesungguhnya kita tidak tahu kapan kita akan mati, sebagaimana Rasulullah SAW mengatakan:“Bercepat-cepatlah kalian untuk bertaubat sebelum mati, dan bercepat-cepatlah kalian sebelum melaksanakan untuk sholat lewat waktunya.”

          Dan hendaknya bagi kalian untuk tidak menyerah dalam bertaubat, memohon ampun kepada Allah SWT, karena sebanyak apapun dosa kalian, jika kalian bertaubat dengan sungguh-sungguh (taubat nasuhah) dan memiliki keinginan atau tekad untuk tidak kembali ke dosanya, insya Allah, Allah akan mengampuni dosa kalian, karena Allah itu maha pengampun. Kemudian sebagaimana dalam hadist:“bertaubatlah kalian kepada Allah dan jangan menyerah oleh kalian, karena sesungguhnya menyerah itu kufur.”

          Kemudian ada sahabat Anas berkata: “Datang seseorang kepada Rasulullah SAW, kemudian berkata seseorang itu “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku telah bertaubat tapi kemudian aku kembali melakukan dosa.” Maka menjawab Rasulullah SAW “Setiap kali engkau terjatuh dalam dosa, maka bertaubatlah sampai syaiton/setan itu lelah (dalam mengajak untuk berdosa).” Kemudian berkata lagi seseorang itu “Kalo begitu banyak dosaku, ya Rasulullah.” Maka berkata Rasulullah SAW “Ampunan Allah itu lebih besar/banyak daripada dosamu.”

Berkata Syeikh Abdul Qodir: Syarat-syarat taubat ada tiga:

  1. Menyesali perbuatan yang bertentangan kepada Allah SWT.

             2. Meninggalkan kesalahan di dalam semua keadaan dan waktu-waktu

             3. Bertekad untuk tidak kembali ke perkara yang sama dari maksiat-maksiat dan 

                 kesalahan-kesalahan.

            Maka janganlah kita menyerah untuk meminta ampunan dan bertaubat kepada Allah dan juga janganlah kita sampai meremehkan taubat. tetaplah merasa rendah dihadapan Allah dan selalu bertaubat.(Ilhm)


 Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                          https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages