ANJURAN PENCARI ILMU

ANJURAN PENCARI ILMU

Share This

 


          Sebenarnya Tholibul Ilmi itu tidak usah banyak-banyak wirid karena belajar itu sudah termasuk wirid.

          Orang yang mencari ilmu itu dianjurkan untuk banyak belajar dan orang yang ahli ibadah itu dianjurkan untuk banyak ibadah.

          Sebagaimana Imam Ghozali R.A beliau membedakan antara pencari ilmu dengan ahli ibadah, pencari ilmu itu disibukkan dan dihabiskan waktunya untuk belajar dan mengajar, sedangkan ahli ibadah itu disibukkan dengan ibadah dan memperbanyak ibadahnya.

          Maka bagi seseorang yang disibukkan dengan ilmu tidak perlu banyak-banyak wirid, tapi jika ingin membaca wirid, maka bacalah wirid yang ada hubungannya dengan ilmu, wirid yang bisa mempermudah mencari ilmu, yang bisa menguatkan hafalan, yang bisa membuat sabar didalam mencari ilmu.

          Belajarlah ilmu kasbi ( ilmu yang di cari ) yaitu ilmu dzohir terlebih dahulu dan disertai dengan do'a, maka Allah SWT akan memberi ilmu wahbi (ilmu batin) atau disebut dengan ilmu ladunni. Karena, orang tidak bisa mendapatkan ilmu ladunni jika hanya mengandalkan kepintarannya, tapi bila dengan membuka kitab atau belajar, mungkin dia bisa mendapat ilmu ladunni.

          Ilmu ladunni itu juga bisa didapatkan dengan ilmu yang matan, betul-betul menguasai ilmu agama dan belajar sungguh-sungguh. (Ilhm)



Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                           https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages