PENTINGNYA  MEMILIKI ADAB BAGI SEORANG MURID

PENTINGNYA MEMILIKI ADAB BAGI SEORANG MURID

Share This



Ulasan Pengajian Al Hikam

Hari/ Tanggal : Jum'at, tanggal 16 Jumadil Akhir 1442 H - 29 Januari 2021 M
Oleh  : Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad bin Husein Assegaf

          Termasuk kebodohan seorang murid yaitu ketika dia merasa aman dari hukuman Allah, tidak sadar dari hukuman Allah karena dia masih merasakan kenikmatan. Terkadang Allah memberikan hukuman berupa kenikmatan agar dia tidak sadar dan lupa terhadap murka Allah. Dan dia beralasan masih diberi nikmat dan kalau salah pasti Allah tidak akan memberikan nikmat, sehingga dia tidak merasa bersalah.

          Oleh karena itu, kita harus mempunyai guru yang meluruskan kita, yang memantau kita dan mengingatkan atas kesalahan kita.

          Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Aku dididik oleh Tuhanku, maka menjadi baiklah adabku."

          Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendidik langsung para sahabatnya. Maka para sahabat menjadi baik akhlaknya berkat didikan Rasulullah. Rasulullah tidak hanya menyampaikan Al-Qur'an, tetapi dididik pula hatinya sehingga baik adabnya dan berhati bersih sehingga menjadi tauladan bagi generasi selanjutnya. Para sahabat mendidik tabi'in dan seterusnya sampai kepada guru-guru tasawuf kita.

          Orang bisa bertemu Allah dengan hati bersih juga termasuk adab. Tazkiah (membersihkan hati) itu fardhu ain. Hati menjadi bersih kalau dididik oleh orang sholeh yang pernah dididik oleh orang sebelumnya dan seterusnya sampai kepada Rasulullah.

           Adab sopan santun adalah nomor satu. segala kewajiban Segala kewajiban dalam agama selalu di dahulukan pengajaran adab. Ada adab sholat, adab masuk masjid, adab makan, adab berdoa dan lainnya. Karena dengan adab itulah amal ibadah di terima oleh Allah. Contohnya, adab dalam berdoa yaitu mengangkat tangan, menghadap kiblat, bertawadhu' kepada Allah. Whudu pun dengan adab. jangan berwudhu' sambil telanjang. Walaupun sah tetapi kurang adab dan makruh.

           Dalam majlis taklim juga ada adab. Seperti, tidak merokok di majlis taklim, berwudhu dan berhati bersih, serta hadir dengan niat baik. Maka majlis yang penuh husnul adab akan dituruni rahmat, dan sakinah dari Allah. Ilmunya bermanfaat. Tetapi kalau di majlis itu tidak ada adab maka bukan rahmat malah laknat Allah yang turun.

           Maka seorang murid yang beradab itu tidak akan merasa benar dan aman dari hukuman Allah akan tetapi dia akan selalu merasa takut akan hukuman Allah yang tak disangka-sangka. (Kd.Y)


Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                    https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages