YANG DI JAMIN DAN YANG DI TUNTUT

YANG DI JAMIN DAN YANG DI TUNTUT

Share This
Ulasan Pengajian Al Hikam
Hari/Tanggal : Jumat, 26 Juli 2019
Oleh : Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf
"Usaha kerasmu mencari rezeki yang sudah dijamin Allah bagimu dan keteledoranmu melaksanakan apapun yang diwajibkan Allah bagimu adalah suatu bukti atas kebutaan mata hatimu."




       Sesungguhnya Allah telah menjamin rezeki seluruh makhluk Nya dan sengaja Allah lapangkan waktu manusia agar mereka dapat fokus beribadah kepada Nya. Sesungguhnya Allah juga tidak menuntut seorang hamba untuk bersungguh² dalam berusaha mencari ataupun memikirkan rezeki.
Diantara makhluk-makhluk Allah, ada yang hidup didarat tapi rezekinya dilaut, ada juga makhluk yang hidup dilaut tetapi rezekinya ada di darat, bahkan ada makhluk yang hidup di udara akan tetapi rezekinya ada di dalam air.
       Banyak ayat² yang menjelaskan tentang bagaimana Allah menanggung rezeki hamba Nya. Akan tetapi anehnya banyak manusia yang masih tidak percaya dan ragu terhadap janji Allah. Justru sebaliknya mereka lebih percaya dan yakin jika janji itu datang dari makhluk sesamanya.
Sesungguhnya sifat pemurah itu bukan orang yang memberi tatkala diminta, akan tetapi pemurah itu adalah orang yang memberi sebelum diminta, dan bakal marah jika tidak diminta.
       Diceritakan ada seseorang yang rutin setiap hari datang ke rumah Sy. Umar bin Khattab untuk agar diberi makanan olehnya, dan Sy. Umar RA terus memberinya setiap hari karena memang beliau orang yang pemurah. Tapi pada suatu hari orang itu tidak lagi datang ke rumah Sy. Umar hingga Sy. Umar pergi mencari orang tersebut. Ketika Sy. Umar RA bertemu dengan orang itu, beliau bertanya perihal mengapa tidak lagi datang ke rumahnya, maka orang itu menjawab bahwa dia telah mendapatkan rezeki yang lebih besar dari pemberian Sy. Umar, Sy. Umar RA pun terheran dan bertanya siapakah orang yang telah memberikan rezeki lebih banyak kepadanya, maka dijawab oleh orang tersebut bahwa yang telah memberikannya rezeki adalah Allah SWT dalam ayat yang berbunyi : وفي السماء رزقكم
"dan dilangitlah rezeki kalian (telah ditanggung)". (Mhd)

Wallahu a'lam bi Asshawab
Mudah-mudahan bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages