HUSNUL KHOTIMAH ATAU SU'UL KHOTIMAH

HUSNUL KHOTIMAH ATAU SU'UL KHOTIMAH

Share This
                           Gambar terkait
Oleh : Muhammad Rofrofil Ukhoidhor (Santri darul ihya')
          Kematian adalah suatu misteri yang pasti akan di alami setiap makhluk bernyawa, tetapi kita tidak mengetahui kapan, dimana, dan bagaimana ajal akan menghampiri, terkadang seseorang ada yang mati dalam keadaan baik (husnul khotimah) dan ada juga yang mati dalam keadaan tidak baik (su'ul khotimah), bahkan seseorang yang dikenal ahli ibadah, sholeh, belum tentu ia di jamin mati dalam keadaan baik, begitu juga sebaliknya seseorang yang ahli maksiat, suka minuman keras, belum tentu ia mati dalam keadaan tidak baik.
         Dikisahkan bahwa ada dua orang kakak beradik yang mempunyai perilaku yang bertentangan. Kakaknya seringkali keluyuran tengah malam, masuk pub malam, minuman keras, dan pergaulan bebas. Sebaliknya sang adik di kenal masyarakat sebagai anak yang sholeh, alim, dan ahli masjid. Pada suatu hari, di detik yang sama, tersirat lintasan dihati mereka berdua. Sang kakak selama ini berkubang didalam kemaksiatan penasaran ingin semalam saja mencoba bertaubat, datang ke masjid untuk beribadah seperti yang dilakukan adiknya. Sebaliknya, sang adik selama ini yang selalu dalam kebaikan terbesit bisikan di dalam hati nya, "selama ini saya selalu berbuat kebaikan, kalau sekali ini saja saya coba masuk diskotik dan menikmati dunia malam, saya yakin allah mengampuni dan tak ada seorangpun yang tahu". Malam itu tepat pukul 22.00 WIB, sang kakak mengambil whudu' memasuki masjid lalu mencoba untuk sholat dan membaca alqur'an yang jarang sekali ia lakukan. Entah mengapa hatinya begitu tenang, perlahan sang kakak meneteskan air matanya, pada malam itulah malam sebagai saksi pertaubatannya. Sementara sang adik pada waktu yang sama sudah mabuk, dan di sebelahnya wanita malam yang bemesraan dengannya. Tepat pukul 24.00 WIB, tanpa diduga gempa melanda tempat sekitar tersebut sehingga merobohkan banyak bangunan termasuk diskotik dan masjid itu. Keseesokan harinya betapa kagetnya masyarakat melihat tempat diskotik ditemukan seseorang bersama wanita yang ia peluk yang mengherankan itu adalah seseorang yang dahulunya pemuda yang sholeh (sang adik) dan menemukan seseorang di masjid yang sedang sujud, yang tidak lain adalah kakanya yang dikenal sebagai pemuda yang bergelimang dosa.
           Pelajaran yang bisa di ambil kisah di atas adalah selalu istiqomahlah dalam melakukan kebaikan dan apabila terjebak dalam kemaksiatan bersegeralah untuk bertaubat karena kematian adalah suatu hal yang ghoib tidak ada satupun yang mengetahuinya melainkan Allah SWT, apakah mati dalam husnul khotimah atau su'ul khotimah.

Wallahu a'lam bi Asshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages