ASMA ALLAH AL-WAKIL, AN-NASHIR, DAN AL-HAFI

ASMA ALLAH AL-WAKIL, AN-NASHIR, DAN AL-HAFI

Share This
Ulasan Pengajian Al Hikam
Hari/ Tanggal : Jum'at, 30 Maret 2018
Oleh : Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf



إلهي كيف تكلني إلي نفسي وقد توكلت لي، وكيف اضام وانت الناصر لي ام كيف اخيب وانت الحفي بي
"Wahai Tuhanku, bagaimana Engkau serahkan kepadaku untuk mengurus diriku sendiri, padahal Engkau telah menjamin urusanku itu. Dan bagaimana aku menjadi hina sedangkan Engkaku pembelaku, dan bagaimana aku akan kecewa padahal Engkau yang kasih kepadaku."



- Dalam doa Syekh Ibnu Athoillah ini ada asma-asma Allah, yaitu Al Wakil (yang menjamin), An Nashir (pembela), Al Hafi (yang kasih / lembut).
- Asma Allah Al Wakil menuntut adanya kecukupan. Dengan asma Allah An Nashir pasti ada pembelaan. Dengan asma Allah Al Hafi pasti adanya keberhasilan dengan puncak tujuan dan keinginan. Itu semua sebuah keharusan. Maka tidak mungkin seorang hamba akan terlepas kebutuhannya dari Allah.
- Syekh Ibnu Athoillah memasrahkan segala urusannya kepada Allah. Ia tidak ingin Allah menyerahkan urusannya kepada dirinya. Itu tidak mungkin, sebab Allah maha menjamin dan mengurus segala urusan dan kebutuhan hamba Nya. Seluruh alam dan isinya dirawat dan dicukupi oleh Allah. Dia lah Rabbul alamin (Tuhan yang merawat seluruh alam). Andai Allah tidak mengurus alam ini sekejap mata saja, maka alam ini akan hancur.
- Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW berlindung kepada Allah agar jangan sampai urusannya tidak diurus oleh Allah dan diserahkan kepada dirinya. Nabi SAW berdoa :
يا حي ياقيوم برحمتك أستغيث ومن عذابك أستجير اصلح لي شأني كله ولا تكلني إلى نفسي طرفة عين
Artinya : "Wahai Tuhan yang hidup Kekal, Wahai Tuhan yang selalu mengurus hamba Nya. Dengan rahmat Mu aku memohon pertolongan  dan dari siksa Mu aku memohon perlindungan. Perbaikilah segala keadaanku. Dan janganlah Engkau pasrahkan diriku kepadaku walau sekejap mata."
- Allah berfirman dalam Al Qur'an :
إن الله يدافع عن الذين آمنوا
Artinya : "Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang beriman." (QS Al Hajj : 38)
- Allah juga berfirman dalam Al Qur'an :
وكان حقا علينا نصر المؤمنين
Artinya : "Adalah suatu keharusan atas Kami membela orang-orang yang beriman." (QS Ar Ruum 47)
- Maka janji Allah tidak akan meleset. Orang mukmin tidak akan terhina. Kemuliaan itu ada pada Allah, Rasul Nya dan orang-orang mukmin. Allah Ta'ala berfirman :
ولله العزة لله ولرسوله وللمؤمنين
Artinya : "Dan bagi Allah kemuliaan dan bagi Rasul Nya dan bagi orang-orang mukmin." (QS Al Munafiqun : 8)

Wallahu a'lam bi Asshawab.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages