KUNCI KESUKSESAN SEBENARNYA

KUNCI KESUKSESAN SEBENARNYA

Share This

 



Bersangka baiklah kalian kepada Allah.

Manusia dalam berprasangka baik itu ada dua  macam. Pertama, para wali Allah. Kedua orang awam.

          Pertama, para wali Allah mereka berprasangka baik kepada Allah karena mereka memahami sifat-sifat Allah yang baik. Walaupun dalam keadaan terkena musibah mereka tetap yakin bahwa itu rahmat dan kenikmatan dari Allah.

          Dibalik musibah ini, pasti ada hikmah dan kenikmatan yang tersimpan dari Allah. Dan bisa dipastikan bahwa di balik kesulitan pasti ada kelapangan. Sebagaimana firman Allah Ta'ala:

 ْوَعَسَى أَنْ تَكْرَهُواْ شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُم

        "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia baik bagimu."
   (QS. Al-Baqarah: 216)

           Yakinlah bahwa musibah yang menimpa itu adalah tarbiyah dari Allah. Agar orang yang tertimpa musibah itu bisa kembali kepada Allah. Tidak boleh menentang Allah dengan mengatakan, "Dosa apa aku ini, sehingga aku bernasib seperti ini!."

          Kedua, orang awam mereka berprasangka baik kepada Allah karena mereka melihat kenikmatan dan karunia yang diberikan Allah kepada mereka. Apabila Allah memberikan bala atau musibah kepada mereka. Maka prasangka baik mereka kepada Allah itu bisa berubah.

          Abu Said Al-Khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah menjenguk orang yang sakit.

     "Bagaimana sangkaanmu kepada Tuhanmu?" tanya Rasulullah kepada orang itu.

     "Sangkaan baik, ya Rasulullah,"  jawab orang tersebut

      Rasulullah bersabda:

ِفَظُنّ بِهِ مَا شِئْتَ فَإِنَّ اللهَ تَبَا رَكَ وَتَعَالَى عِنْدَ ظَنِّ اْلمُؤْمِنِ بِه

          "Sangkakanlah kepada Allah apa yang kamu suka, karena Allah akan memberi apa yang disangkakan oleh seorang mukmin kepada-Nya."

          Sepatutnya engkau selalu bersangka baik kepada Allah dan makhluk Allah, karena itu adalah modal kita mendapatkan keberhasilan dunia akhirat. Sebagaimana murid harus ada sangkaan baik kepada gurunya, dengan sangkaan bahwa gurunya adalah orang besar yang bisa memberi jalan kita menuju Allah. Begitu juga sang guru harus punya sangkaan baik kepada muridnya, dengan sangkaan bahwa muridnya akan menerima ilmunya dan mengamalkannya.

           Semoga kita di jadikan oleh Allah orang yang selalu berprasangka baik kepada Allah dan makhluk-Nya, agar kita selamat dunia akhirat. Amin.(Tsqf.GNM)


Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                          https://wa.me/c/6283141552774 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages