UCAPAN DAN PERBUATAN YANG MENYEBABKAN KEMURTADAN (1)

UCAPAN DAN PERBUATAN YANG MENYEBABKAN KEMURTADAN (1)

Share This

 



          Era globalisasi mendorong manusia untuk selalu melakukan segala aktivitas guna memenuhi kebutuhan dan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Seorang muslim apabila tidak selektif dalam bertindak, ia akan melakukan perbuatan yang terkadang tanpa disadari dapat, menyebabkan kemurtadan. Mereka tidak lagi mengetahui batas-batas perintah dan larangan agama, terutama perkara yang menyangkut keimanan dan keyakinan (aqidah).

          Suatu perbuatan yang dzahirnya tampak islami, belum tentu sesuai dengan Al-Qur'an dan Hadits. Akibatnya, seringkali terjadi tanpa disadari pelakunya telah melanggar aturan agama, bahkan mungkin melampaui batas aqidah Islamiyah yang akan menentukan status seseorang, apakah dia masih layak dianggap muslim, atau sama sekali sudah keluar dari islam. Hal ini bisa terjadi, adakalanya karena krtidak mengertian terhadap ajaran agama secara benar dan mendalam, atau ada unsur sengaja menentang islam.

         Mengenal hal ini Allah berfirman yang artinya :"Dan barang siapa yang murtad (keluar dari agama islam) di antara kalian dari agamanya lantas dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia amalnya di dunia dan akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya." (QS. Al-Baqarah: 217)

          Ayat ini mengandung pengertian bahwa seorang muslim tidaklah bebas melakukan apa saja sekehendak hatinya. Apabila ia berbuat sesuatu yang bisa menyebabkan kemurtadan (keluar dari agama islam), maka Allah menghukuminya sebagai ornag kafir.

          Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan umat islam tentang perilaku mereka dalam sabda beliau yang intinya :"Adakalanya seseorang itu pada saat pagi hari dalam keadaan islam tiba-tiba pada sore harinya sudah menjadi kafir, dan sebaliknya pada saat sore hari dia muslim ternyata esok harinya sudah menjadi kafir." (Na'udzubillahi mindzalik). (Mthr)

     Disadur dari buku: 'Musuh besar umat islam'

Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                    https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages