KEYAKINAN YANG BULAT KEPADA ALLAH SWT

KEYAKINAN YANG BULAT KEPADA ALLAH SWT

Share This
Ulasan Pengajian Al Hikam
Hari/ Tanggal : Jum'at, 15 Desember 2017
Oleh : Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf

وإن من أيقن أن الله يطلبه صدق الطلب إليه ومن علم أن الأمور بيد الله انجمع بالتوكل عليه
Artinya :"Siapa yang yakin bahwa Allah menuntutnya untuk beribadah, maka pasti ia akan bersungguh-sungguh menghadap kepada Allah. Siapa yang mengetahui bahwa segala urusan itu ditangan Allah, maka pasti ia bulat bertawakkal kepada Allah."
- Yang dimaksud dengan yakin adalah kemantapan hati yang tidak tersisa keraguan sama sekali. Artinya, siapa yang hatinya mantap bahwa Allah menuntutnya (untuk beribadah), maka pasti ia bersungguh-sungguh menghadap kepada Allah. Maka, orang tersebut akan benar-benar melaksanakan kewajibannya dalam beribadah kepada Allah dan akan lari daripada selain Allah SWT.
- Dan siapa yang mengetahui bahwa segala urusan itu ditangan Allah, baik urusan dunia, urusan akhirat, ataupun urusan hati, maka pasti ia tidak melihat kepada selain Allah dan akan bulat tawakkalnya kepada Allah.
- Orang-orang yang dijuluki sebagai Ahlul Yaqin itu tidak akan terpengaruh oleh apapun, bahkan oleh dosa sekalipun, sebagaimana seperti yang pernah dikatakan oleh Sy. Ali KWJ :
لو كشف الغطاء ماازددت يقينا
Artinya : "(walaupun) jika tutup (hiijab) itu telah dibuka, maka sedikitpun hal itu tidak dapat menambah keyakinanku (kepada Allah)."
- Orang yang tawakkalnya bulat kepada Allah, maka pasti Allah akan mencukupinya sebagaimana difirmankan oleh Allah. Kalau Allah yang mencukupi maka tidak ada yang luput. Semuanya akan dipenuhi, segalanya akan ia dapat. Sebab, yang mencukupi adalah Al Kafi (Dzat yang maha mencukupi).
- Allah Ta'ala berfirman :
ومن يتوكل على الله فهو حسبه
"Dan siapa yang bertawakkal kepada Allah, maka Allah yang mencukupinya." (QS At Thalaq : 3).



Wallahu a'lam bi Asshawab.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages