WASPADA DALAM MENGIKUTI PENDAPAT

WASPADA DALAM MENGIKUTI PENDAPAT

Share This

 




          Ibin Qoyyim dan Taymiah keduanya adalah seorang ulama' yang besar, akan tetapi kebanyakan didalam pendapatnya itu menyeleweng, maka apabila kita menemukan pendapat beliau berdua yang tidak sesuai maka janganlah kalian membenci sampai kalian menghina mereka berdua, cukup hanya untuk tidak diikuti, dan apabila menemukan yang sesuai maka ikutilah kebenarannya.

          Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Atthos R.A berkata: ((Zadi Al-Mi'ad)) yang dikarang oleh Ibni Qoyyim: "hendaknya bagi setiap orang yang ingin beribadah dan sesuai dengan sunnah Nabi, maka jangan bepisah dengan kitab ini. Adapun Habib Abdullah Al-Haddad R.A seandainya aku memiliki banyak kitab ini, maka akan aku hadiahkan kepada para pencari ilmu. Memang benar didalam kitab karangan ibni Qoyyim terdapat pendapat yang tidak sesuai, tapi tidak terlalu berbahaya, dan kebenaran itu lebih berhak untuk diikuti."

          Maka, dari kalimat tersebut, hendaknya kita hanya perlu mengikuti kebenaran, jika ada yang tidak sesuai maka tinggalkan. 

          Hendaknya kalian juga jangan terlalu fanatik, kepada dua ulama' ini hanya karena disebutkan, tapi sebaiknya juga untuk melihat ke ulama'-ulama' lainnya juga seperti Imam Haddad, Imam Ghozali atau ulama' lainnya.

          Dan berhati-hatilah kalian dalam menghina seorang ulama' hanya karena dia mengeluarkan pendapat yang tidak sesuai atau kesalahan, cukup bagi kalian jangan terpengaruh untuk mengikuti pendapat yang melenceng itu saja, karena seorang ulama' itu nanti akhirnya masih bisa sadar, berbeda dengan orang biasa yang terkadang tidak sadar ketika melakukan kesalahan. (M. HDD)


Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                          https://wa.me/c/6283141552774

1 komentar:

  1. Aside from the welcome bundle, Ignition’s other primary bonus is the weekly match reload bonus, which you'll have the ability to|which you'll} claim if you make any subsequent deposits through the week. $1 to $300 tables, $10 to $1,500 tables, and $3,000-plus tables. Roulette tournaments start every day, and they include massive prize swimming pools and unlimited rebuys. The UK Gambling Commission is the one authority that may problem licenses to distant playing operators that offer companies to residents of Great 바카라 사이트 Britain. • FAIR PLAY GUARANTEED – Our licensed Random Number Generator gives you the best and fairest roulette experience.

    BalasHapus

Pages