KUNCI KESUKSESAN BAGI SEORANG SANTRI (4)

KUNCI KESUKSESAN BAGI SEORANG SANTRI (4)

Share This

 



          4.  بُلْغَةٌ (Biaya): Dalam mencari ilmu diperlukan biaya (pengorbanan materi), tanpa adanya biaya tidak akan bisa mencari ilmu, karena disaat mencari ilmu kita membutuhkan yang namanya alat tulis, buku, terutama kitab yang kita pelajari. Sedangkan pada zaman sekarang tidak cukup alat tulis dan kitab saja tapi juga biaya gedung, seragam, dan spp bulanan, itu semua membutuhkan biaya dalam mencari ilmu, dan tidaklah gampang mendapatkan biaya atau modal untuk hal-hal yang dibutuhkan semasa mencari ilmu, karena untuk mendapatkan biaya harus melalui bekerja,dan yang bekerja  pastinya orang tua kita yang mana mereka siap berkorban apapun demi anaknya agar dapat mencari ilmu dengan tenang dan fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai.

           Maka sebagai seorang pencari ilmu harus selalu semangat dan giat dalam belajar selama orang tua masih sehat dan bisa membiayai, lihat bagaimana teman-teman kita yang mereka tidak bisa melanjutkan belajar di pesantren, selain faktor tidak betah diantara nya adalah masalah ekonomi yang menyebabkan seorang santri tidak bisa melanjutkan belajarnya dalam mencari ilmu. Akan tetapi jangan khawatir karena kehidupan seorang yang mencari ilmu agama (thalibul ilmi) itu sudah dijamin rezqinya oleh Allah swt, sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

اِنَّ اللهَ تَكَفَّلُ لِطَلَبِ العِلْمِ بِرِزْقِهِ

 “Sesungguhnya Allah SWT itu menjamin rezeqinya seorang pencari ilmu”

          Maka Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alawi Al haddad berpendapat tentang Hadist ini :"Bahwa jaminan Allah terhadap rezeqi seorang pencari ilmu itu adalah jaminan yang khusus setelah Allah memberi jaminan rezeqi yang umum bagi seluruh makhluk yang ada dibumi sebagaimana firman Allah SWT :

وَمَامِنْ دَابَّةٍ فِيْ الأَرْضِ اِلَّا عَلَى اللهِ رِزْقُهَا

“Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya di jamin Allah rezeqinya”. (Qs.Hud : 11/6)

          Maka ma’na diatas adalah seorang pencari ilmu itu mendapatkan dua jaminan, jaminan umum bagi setiap makhluk yang telah disebutkan dalam ayat diatas dan jaminan khusus yang di sebutkan dalam Hadist di atas, maka dengan adanya dua jaminan tersebut Allah menambah kemudahan dan mengangkat kesulitan dan menjamin dalam mencari rezeqi dan mendapatkanya. (MHS)



Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                    https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages