KUNCI KESUKSESAN BAGI SEORANG SANTRI (3)

KUNCI KESUKSESAN BAGI SEORANG SANTRI (3)

Share This



           3. اِصْطِبَارٌ (kesabaran): Dalam kehidupan ini tidaklah luput daripada ujian dan cobaan, baik berupa cobaan yang besar atau kecil itu semua pasti akan menimpa semua orang terlebih bagi seorang pencari ilmu. Disetiap perjalanan mereka dalam mencari ilmu pasti terdapat cobaan mulai dari masalah dalam belajar hingga masalah ekonomi.

          Dengan adanya cobaan seperti ini seorang pencari ilmu harus memiliki kesabaran dan ketabahan yang tinggi untuk menghadapi cobaan tersebut, karena banyak para pencari ilmu yang tidak berhasil / tidak sampai lulus mencari ilmu sebab ujian yang Allah berikan kepadanya dan dia tidak mampu bersabar, sehingga dia tidak mendapatkan ilmu dan tidak menjadi orang alim, orang seperti ini sangat rugi besar.

          Allah banyak memberikan ujian kepada para pencari ilmu, semakin dia tinggi kelasnya semakin tinggi juga ujian yang Allah berikan. Makanya seorang pencari ilmu itu harus mempunyai kesabaran yang tinggi, dan hanya dengan kesabaranlah seorang pencari ilmu itu terus istiqomah didalam kesungguhannya sampai dia mendapt ridho gurunya.

          Bagi seorang pencari ilmu kesabaran tidak hanya ketika mencari ilmu saja akan tetapi ketika dia mengamalkan ilmu yang telah dia dapat dan disaat dia  mengajar, berda’wah, beramar ma’ruf nahi munkar membutuhkan kesabaran yang lebih tinggi lagi, jika dia sabar dari dia mencari ilmu sampai dia mengamalkanya hingga dia mengajarkan maka dia akan mendapatkan sesuatu yang sangat istimewa berkat kesabarannya.

          Sebagaimana kesabaran mereka para salafusshalih dahulu disaat mencari ilmu dan disaat mengajar, berda’wah, beramar ma’ruf nahi munkar yang mana cobaan mereka sangatlah berat  jika dibandingkan dengan cobaan yang menimpa kita, akan tetapi mereka mempunyai kesabaran yang tinggi dan mereka menganggap cobaan yang menimpa mereka itu adalah pemberian dari sang kekasih yaitu Allah SWT. 

          Oleh karena itu, sebagai seorang pencari ilmu harus terus bersabar dalam keadaan apapun baik senang maupun sedih, anggaplah cobaan itu sebagai latihan untuk menghadapi cobaan yang lebih besar lagi dan janganlah lupa engkau akan terus meminta kepada Allah, karena tanpa bantuan dari Allah tidaklah bisa seseorang bersabar atas cobaan yang menimpanya. (Santri Darul Ihya')



Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages