KUNCI KESUKSESAN BAGI SEORANG SANTRI (2)

KUNCI KESUKSESAN BAGI SEORANG SANTRI (2)

Share This

 



          2. حِرْصٌ (semangat): Di dalam mencari ilmu perlu bagi seorang thalibul ilmi  selain kecerdasan juga memiliki semangat yang tinggi, karena tanpa adanya semangat di dalam mencari ilmu kemauan dan kesungguhan didalam belajar itu kurang. Maka  penting bagi seorang pencari ilmu untuk menumbuhkan semangat yang tinggi agar dapat mecapai apa yang dia inginkan, seperti yang dikatakan sebagian para salaf :

هِمَّةُ الرِّجَالِ تَهْدِيْمُ الجِبَالَ

   “Himmah (semangat) nya seseorang dapat menghancurkan gunung”

          Maka perlu bagi seorang pencari ilmu itu mempunyai tekad dan mendapatkan motivasi, dengan apa? Dengan dia membaca manaqib para salafusshalih dan mengenal masa hidup mereka ketika mencari ilmu dan salah satu yang dapat menimbulkan rasa semangat belajar adalah memandang kepada yang lebih atas seperti halnya didalam beribadah harus melihat kepada yang lebih atas dengan itu dia akan merasa kurang atas apa yang telah dia lakukan di dalam beribadah maupun dalam mencari ilmu, beda halnya dengan mencari harta dan dunia kita harus memandang ke bawah atau yang lebih rendah dari kita, banyak yang masih kurang didalam mempunyai harta dibandingkan kita.

          Semangat juga berarti tamak (rakus), sehingga menjadikan kita merasa kurang dan harus tamak dalam mencari ilmu. Jika kita merasa kurang dan merasa bodoh, maka kita akan tambah semangat dalam mencari ilmu, akan terus mencari, tidak akan puas dengan ilmu yang kita dapat karena masih banyak ilmu yang kita tidak ketahui.

          Diibaratkan dengan sutatu kisah yang menceritakan ada seorang pemuda yang ingin melamar putri raja, singkat cerita sang pemuda itu datang kepada raja dan menyatakan dirinya hendak melamar anak sang raja maka sang raja pun mengiyakan lamaran pemuda tersebut akan tetapi sang raja memberi syarat kepada pemuda itu, jika dia ingin melamar dia harus membawakan permata kepada sang raja. Maka dengan semangatnya yang tinggi dia membuang air dari laut sedikit demi sedikit walaupun mustahil karena dia ingin mendapatkan mutiara tapi dia tidak bisa menyelam. Karena semangat yang tinggi Allah mempermudahnya dengan menggerakkan hewan-hewan yang ada di laut untuk membantunya dengan mereka membawa dan melemparkan mutiara ke atas air sehingga dia mendapatkan mutiara yang banyak sampai memenuhi wadah yang ia bawa. Dan setelah itu dia memberikan mutiara tersebut kepada raja dan raja terkejut kemudia raja menerima lamaran orang itu. Inilah bukti semangat orang yang tidak putus asa sehingga Allah kasihan terhadapnya dan memberikan yang lebih kepadanya, begitu juga dengan orang yang mencari ilmu, jika dia semangat Allah akan memberikan kefahaman baginya. (Mthr)



Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages