TIDAK ADA KEUTAMAAN BAGI ULAMA' DUNIA

TIDAK ADA KEUTAMAAN BAGI ULAMA' DUNIA

Share This



Ulasan Pengajian Al-Manhajussawi

Hari/ Tanggal : Malam selasa, tanggal 9 Jumadal Ula 1443 H - 13 Desember 2021 M
Oleh  : Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad bin Husein Assegaf



        Al Allamah Alhabib Zain bin Ibrahim bin Smith dalam kitab Almanhaj Assawi berkata:

          "Ketahuilah, bahwa semua yang datang dan bersumber dari ayat-ayat atau hadits tentang keutamaan ilmu dan ulama', sesungguhnya  itu hanya untuk  ulama' yang mengamalkan ilmu, yang bertaqwa dan golongan orang yang baik."

           "Yaitu mereka yang  tujuannya dalam mencari ilmu dan amalnya  hanya karena Allah yang maha Mulia dan maha Pengampun. Mereka yang menunjukkan dan mengajak kita kepada jalan menuju Allah, baik ketika pertengahan malam dan siang. Bukan orang yang mencari ilmu dengan niat yang buruk, atau tujuan-tujuan duniawi. Orang ini tidak ada keutamaan dan kebaikan sama sekali, bahkan orang ini disifati dengan kerugian."

          Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf, mudir Ma'had Darul Ihya Liulumiddin menerangkan, dalam pengajian rutin Kitab Almanhaj Assawi (9/5/1443H), bahwa melakukan amal dengan ikhlas itu bukanlah hal yang mudah, bukan hanya sekedar dzohirnya seakan melakukan karena Allah, tapi hatinya juga harus bersih dari mengharap balasan dunia dari perbuatan amalnya.

          Karena terkadang, ada orang yang melakukan ikhlas itu dengan menolak harta, tapi sebenarnya dalam hatinya dia mengharap pujian dari orang-orang. Sebab, dia telah merasakan kenikmatan kedudukan yang tak sebanding besarnya dengan kenikmatan harta. Karena dengan kedudukan dia bisa menguasai hati orang-orang dan membuat orang yakin kepadanya, sedangkan harta hanya menguasai dirham dan dinar saja. 

          Orang-orang yang berburu kedudukan, mereka selalu ingin memanjangkan sayap mereka sampai ke seluruh negeri, walaupun sebenarnya mereka tidak mampu mencapainya. 

           Maka, orang yang seperti itu adalah ulama' dunia yang hendaknya dihindari. Allah mewahyukan kepada Nabi Daud Alaihissalam:

يّا دَاود, إحْذَرْ مِنْ عَلَمَاءِ الدُّنْيَا, أولَاءِكَ قُطَّاعُ الطَّرِيْقِ مِنْ عِبَادِي

   "Wahai Daud, berhati-hatilah dengan ulama' dunia, karena mereka bagaikan perampok yang bisa memutus jalan seorang hamba kepadaku."

          Namun, ada beberapa ulama' akhirat yang terkenal, tapi mereka terkenal bukan karena memiliki tujuan agar dikenal orang, melainkan Allah yang menakdirkan mereka untuk terkenal, sehingga mereka bisa terkenal walaupun tujuan sebenarnya adalah berda'wah karena Allah. Berbeda dengan ulama' dunia yang memang tujuannya adalah mencari kedudukan di dunia ini. (Seggaf)



Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                          https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages