KUNCI KESUKSESAN BAGI SEORANG SANTRI (6)

KUNCI KESUKSESAN BAGI SEORANG SANTRI (6)

Share This

 



 6. طُوْلُ الزَّمَانِ (waktu yang lama): Ketahuilah dalam meraih kesuksesan tidaklah mudah bagi seseorang yang ingin mencapai tujuannya, butuh waktu yang lama, terlebih bagi para pencari ilmu waktu yang lama adalah salah satu kunci bagi mereka untuk meraih kesuksesan, mendapatkan banyak ilmu, barakah, dan ridho dari gurunya.

          Karena tanpa waktu yang lama dan tahapan-tahapan yang perlu dilewati tidak bisa seseorang itu dapat meraih tujuannya dengan secara instan dan dengan waktu yang lama itu pun seseorang harus berusaha keras dalam meraih tujuannya / cita-citanya.

          Maka dalam mencari ilmu butuh waktu yang lama tidak cukup satu tahun dua tahun, sedangkan Nabi memerintahkan kita untuk menuntut ilmu sejak kita dalam buaian sampai ke liang lahat.

          Sebagaimana sabda Nabi SAW:

اُطْلُبُوْا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلَى الل‍َّهْدِ

Carilah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat.

          Dengan melewati rintangan-rintangan dan selama mencari ilmu, kita berusaha bagaimana caranya bisa betul-betul memahami pelajaran, bersabar dan berusaha keras dalam mencari ilmu sampai mendapat ridho seorang guru.

          Sebagaimana juga para salafusshalih terdahulu ketika mencari ilmu, waktu yang mereka tempuh tidak lah sebentar dan tidak lah semudah seperti zaman sekarang dalam mencari ilmu. Untuk mendapatkan satu ilmu saja mereka harus melakukan perjalanan yang lama dan melewati rintangan selama diperjalanan, dengan waktu yang lama mereka belajar dengan banyak guru dan banyak mendapatkan ilmu-ilmu, baik ilmu dhohir maupun ilmu bathin.

          Akan tetapi waktu yang lama tersebut harus dibarengi dengan kesungguhan dan kemauan dalam mencari ilmu, karena tanpa adanya kesungguhan dan kemauan tidak akan bisa bertahan dengan waktu yang lama dalam mencari ilmu. (MHS)

 

  Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                    https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages