UCAPAN DAN PERBUATAN YANG MENYEBABKAN KEMURTADAN (5)

UCAPAN DAN PERBUATAN YANG MENYEBABKAN KEMURTADAN (5)

Share This




3. Murtad Karena Perkataan 
          Murtad yang disebabkan karena perkataan sangatlah banyak. Tentunya yang dimaksud perkataan disinia ialah perkataan yang bernada menghina dan melecehkan agama Islam dan umat Islam (seperti ucapan seseorang yang jelas bertentangan dengan ayat Al-Qur'an dan Hadits, ucapan yang bernada menghina Rasulullah, atau ucapan yang mendis-kreditkan Al-Qur'an serta Hadits mutawatir, seperti mengatakan isi Al-Qur'an sudah tidak relevan untuk saat ini, untuk itu perlu direvisi, atau mengatakan Nabi Muhammad itu manusia biasa, jadi adakalanya benar, juga adakalanya salah, jadi boleh saja kita berselisih pendapat dengan beliau), maupun ucapan yang bersifat mengakui kebenaran ajaran agama orang kafr, dan meragukan kebenaran ajaran Islam.
          Contohnya, ucapan seorang muslim :"Orang Yahudi dan Nasrari itu lebih baik daripada orang Islam," dengan maksud memuji orang kafir dan mencela orang Islam. Demikian pula apabila seseorang mengatakan bahwa orang Nasrani itu bukan kafir, kerena agama Nasrani juga termasuk agama samawi yang mengakui adanya tuhan, ucapan ini jelas bertentangan dengan firman Allah yang artinya :"Sungguh kafirlah orang yang mengatakan bahwa Allah itu salah satu dari yang tiga (trinitas)." (QS. Al-Maidah: 73)
          Ajaran Trinitas ini merupakan keyakinan orang-orang Narani, dan Allah menghukumi mereka sebagai orang kafir. Dengan demikian, orang yang mengatakan bahwa orang nasrani itu bukan kafir, telah dianggap murtad karena bertentangan dengan firman Allah.
          Al-Imam Al-Qadhi Iyadh menukil :"Dan Al-Imam Al-Ghozali mengatakan sebagaimana keterangan terdahulu dalam kitab At-Tafriqah, perkataan tersebut (diatas) adalah 'kafir' menurut ijma' para ulama (sebagai hukum) bagi orang yang tidak menganggap penganut Nasrani dan Yahudi itu kafir."  (Mthr)


 Disadur dari buku: 'Musuh besar umat islam'


Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.  https://t.me/darulihya

                                                    https://wa.me/c/6283141552774

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages