MINTALAH HANYA KEPADA ALLAH

MINTALAH HANYA KEPADA ALLAH

Share This


Ulasan Pengajian Al Hikam
Hari/ Tanggal : Jum'at, tanggal 28 Februari 2020 M - 4 Rajab 1441 H
Oleh  : Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf

Janganlah engkau meminta kebutuhanmu kepada selain Allah, Allah-lah yang memberikan kebutuhanmu. Bagaimana mungkin meminta sesuatu kebutuhan kepada selain Allah, Allah-lah yang meletakan sesuatu itu. Orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, bagaimana mungkin bisa memenuhi kebutuhan orang lain.


          DALAM kata hikmah sebelumnya Syekh Ibnu Athoillah menerangkan tentang kemurahan, kebaikan dan kesempurnaan kekayaan Allah. Maka pada kata hikmah ini beliau memberi nasehat jika engkau mengerti bahwa Allah Maha Pemurah dan berbuat baik kepada seluruh makhluk-Nya, maka janganlah engkau meminta suatu kebutuhan kepada selain-Nya, sebab Dialah yang memberi kebutuhan kepadamu.
          Semua harus dikembalikan kepada Allah. Jika ada kebutuhan, maka mintalah kepada Allah karena yang memberi kebutuhan adalah Allah. Allah-lah yang menurunkan rahmat, rezeki dan Dialah Robbul Alamin yang merawat ciptaan-Nya sejak terciptanya langit dan bumi sampai di surge nanti.
          Sebagian Ulama’ mengatakan :”Siapa yang bergantung kepada selain Allah, maka dia akan tersandar dengan tipuan (dengan sesuatu yang tidak kekal).”
          Pada setiap kebutuhan jangan berharap kepada selain Allah sebab segala sesuatu selain Allah itu juga berhajat seperti dirimu. Semua makhluk di alam ini butuh kepada Allah, yang memenuhi kebutuhan mereka adalah Allah.
          Begitu pula, jika ada bencana menimpa, seperti kemiskinan, maka mengadulah kepada-Nya. Karena yang menurunkan dan yang mengangkat bala hanyalah Allah. Jangan mengeluh kepada selain Allah, sebab orang lain tidak bisa menyingkirkan bencana itu. Bagaimanakah sesuatu selain Allah dapat menyingkirkan sesuatu yang diletakan oleh Allah? Bagaimana orang yang tidak dapat menyingkirkan suatu bencana (kemiskinan atau lainnya) bagi dirinya dapat menyingkirkan suatu bencana dari orang lain?
          Jangan menoleh kepada selain Allah, jangan sangat berharap dan sangat merendahkan diri kepada selain Allah. Seseorang yang menggantungkan diri kepada selain Allah, maka ia tertipu oleh suatu khayalan yang tidak abadi, dan tidak ada yang abadi kecuali Allah. Dialah yang abdi dan qadim yang selalu memberi karunia dan rahmat-Nya. Pemberian Allah dan anugerah-Nya tetap ada dan terus menerus, tidak pernah berhenti dan putus.
          Mintalah kepada Allah walaupun hal yang remeh sekalipun hingga hal yang paling tinggi, seperti Nabi Musa beliau meminta hal yang paling tinggi kepada Allah yaitu beliau meminta melihat Allah dan beliau meminta hal yang remeh yaitu meminta sekeping roti. Maka segala sesuatu yang kita inginkan mintalah hanya kepada Allah Ta'ala. (Mthr)


Wallahu a'lam bi Asshawab.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages