HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL HADDAD

HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL HADDAD

Share This

Oleh : Azzam Al Jundie (Santri Darul Ihya')

          Beliau adalah Al Imam Al Quthb Al Irsyad Al Ghauts Al Habib Abdullah bin Alawi bin Muhammad Al Haddad. Beliau lahir tanggal 5 Shafar 1044 H di sudut kota Tarim Hadramaut. Semenjak kecil Allah SWT telah mengambil penglihatan beliau disebabkan penyakit cacar yang menimpanya, walaupun beliau ditimpa penyakit, akan tetapi hal tersebut tidak membuat beliau putus asa dalam menimba ilmu yang bermanfaat dari Ulama' Hadramaut saat itu. Beliau memiliki beberapa guru, diantaranya :
- Al Imam Al Habib Umar bin Abdurrahman Al Athas
- Al Allamah Al Habib Agil bin Abdurrahman Assegaf
- Al Habib Abdurrahman bin Syech Aidid
- Al Habib Sahl bin Ahmad Bahsan Al Hudaili
- Al Habib Muhammad bin Alwi Assegaf (Mekkah Al Mukarromah)
          Disaat mencari ilmu beliau sangat berhati-hati dalam melakukan sesuatu, baik itu didalam urusan makanan maupun perbuatan. Beliau sangat dikenal dengan mujahadah nya dalam melawan hawa nafsu, sehingga karena kerasnya mujahadah, ilmu dan ibadah beliau diangkat oleh Allah SWT menjadi salah satu dari wali Nya, dan beliau pun mendapatkan maqom Al Quthb  Al Ghauts hingga banyak manusia datang berbondong-bondong kepada beliau.
          Diantara murid-murid beliau adalah :
- Al Habib Hasan bin Abdullah bin Alawi Al Haddad (putra beliau)
- Al Habib Ahmad bin Zain Al Habsy
- Al Habib Abdurrahman bin Abdullah Bilfaqih
- Al Habib Umar bin Abdurrahman Al Barr
           Beliau Radhiyallahu 'anhu  tidak hanya mencetak Ulama' saja, akan tetapi beliau memiliki beberapa karangan yang sangat monumental dikalangan pesantren-pesantren khususnya Indonesia, yaitu :
- النصائح الدينية
- رسالة المعاونة
- النفائس العلوية
- ديوان الحداد
- قصيدة العينية
           Dan karangan beliau yang paling masyhur yang bisa kita temui di masjid-masjid, musholla atau majlis adalah kumpulan wirid -wirid Rasulullah SAW yang disusun oleh beliau dan diberi nama Ratibul Haddad dan Wirdhullathif.
          Pada tahun 1079 H beliau pergi ke Mekkah Al Mukarromah untuk melaksanakan haji dan menziarahi makam datuk beliau yaitu Rasulullah SAW dikota Madinah Al Munawwaroh. Ketika di Mekkah, beliau disambut oleh pecinta-pecintanya dengan sambutan yang sangat istimewa. Setelah itu beliau terus menyebarkan agama Allah dengan kalam hikmah dan nasehat-nasehatnya.
          Pada malam selasa, 7 Dzulqo'dah 1132 H beliau dipanggil oleh Allah dan beliau dikuburkan di pemakaman zambal di kota Tarim.
          Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai pengikut, dijalan yang beliau ikuti yaitu jalan para aslafuna assholihin  dan semoga kita bisa mengambil manfaat dari belliau dengan ilmu-ilmunya baik di dunia maupun di akhirat. Aamiiiiien 


Wallahu a'lam bi Asshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages