KHAUF DAN ROJA'

KHAUF DAN ROJA'

Share This
Ulasan Pengajian
Hari/ Tanggal : Jum'at, 25 Januari 2019
Oleh :  Al Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf


Diulas Oleh : MHD_MHD (Santri Darul Ihya')


          Khauf (Rasa Takutdan Roja' (Harapan) adalah dua keadaan yang datang silih berganti kepada seorang hamba. Seimbangnya khauf dan roja' pada diri seseorang adalah keadaan yang dicari, baik dalam keadaan thoat maupun maksiat.
          Berbeda dengan orang awwam yang harapannya lebih kuat ketika taat atau takutnya terlalu besar disaat maksiat, orang yang sampai kepada Allah memiliki rasa takut dan harapan kepada Allah yang seimbang. Keseimbangan rasa takut dan harapan mereka kepada Allah dimisalkan seperti dua sayap burung, maka burung yang memiliki dua sayap yang seimbang akan dapat terbang sampai ke tempat yang tinggi, begitu pula orang yang punya rasa takut dan harapan yang seimbang akan dapat terbang sampai menuju Allah. Ini adalah tingkatan tertinggi dari musyahadahnya arifin (orang-orang yang sudah mengenal Allah) dan para Wali. Sebab, rasa takut dan harapan pada diri mereka hanya timbul dari menyaksikan sifat-sifat Allah yang menimbulkan rasa takut dan menumbuhkan harapan. Sedangkan semua sifat Allah itu sempurna, tiada kurang lebih antara satu dan lainnya. Demikian pula dalam menyaksikan sifat-sifat Allah tidak ada kurang ataupun lebih. Dan jika ada perbedaan ataupun selisih dalam menyaksikan sifat Allah, berarti musyahadahnya kepada Allah masih kurang.
          Sebab itu, rasa takut yang sempurna ada pada diri para wali, walaupun mereka dalam ketaatan. Dan ada harapan yang memuncak, walaupun mereka dalam keadaan melakukan kemaksiatan.
          Seseorang yang berkurang harapannya ketika ia melakukan dosa, maka berarti ia masih bersandar kepada amalnya. Sebaliknya, tanda seseorang bersandar kepada Allah adalah tidak kurang harapannya ketika melakukan dosa dan tidak kurang rasa takutnya ketika melakukan ketaatan.


Wallahu A'lam bi Asshawab.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages